Senin, 10 Desember 2012

Manfaat Pohon Sirsak




Sirsak (Annona muricata Linn) merupakan kerabat dekat dengan srikaya. Tanaman sirsak berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu Peru, Meksiko, dan Argentina. Di tempat asalnya, sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Buah ini merupakan salah satu pohon buah yang pertama kali di introduksi ke dunia lama setelah Colombus menemukan benua Amerika. Kemudian orang-orang Spanyol membawa sirsak ke Filipina, dan terbukti tanaman ini dapat tumbuh di sebagian besar negara tropis, termasuk di Indonesia. Tanaman ini tumbuh naik di seluruh Indonesia, dari dataran rendah hingga ketinggian 1.000 mdpl.
Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda “Zuurzak” yang berarti kantung yang asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (Dutch Duricun). Sebutan lain untuk sirsak adalah Corossol/cachiman epincux (Perancis), Srnirrapfei (Jerman), Guanabana/zapote agrio (Spanyol), Thu-rian-rhaek (Thailand), Seetha (Tamil), Gunyctbano (Filipina), Ciguofan lizhi (Cina), Togebanreishi (Jepang), dan Seremania (Fiji). Dalam bahasa Inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah Soursop karena rasanya yang manis keasaman. Di Indonesia, tanaman sirsak disebut juga sebagai nangka belanda atau nangka seberang. Tanaman tersebut dapat beradaptasi dan tumbuh baik di semua wilayah. Namun, tanaman sirsak belum diusahakan secara besar-besaran, umumnya ditanam secara terbatas dihalaman atau perkarangan rumah.
Continue reading
Posted in Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan | Tagged , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan

Setahun terakhir berita keampuhan daun sirsak mengatasi sel kanker menguncang dunia. Padahal, kenyataannya penelitian khasiat daun sirsak ini sudah dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah pada akhir tahu 1990-an. Penelitian daun sirsak ini pernah dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung, Prof. Soelaksono Sastrodihardjo PhD, sebelum sirsak menjadi terkenal seperti sekarang ini, sirsak sudah sejak dahulu dikenal sebagai obat antikanker, dan para petani biasanya memanfaatkan biji sirsak ini untuk dibuat sebagai pestisida nabati untuk membunuh larva hama seperti Helicoverpa armigera,”
Seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ervizal AM Zuhud MS, beliau seorang pendiri Pusat Studi Biofarmaka, Institut Pertanian Bogor. Sirsak yang merupakan tanaman Amerika Tengah itu diperkenalkan pada saat Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda oleh orang Belanda dan Amerika. Kemudian sirsak pun dikenal sebagai nangka belanda dan durian belanda karena buahnya lezat tak hanya itu selain disantap sebagai buah meja, secara turun-temurun masyarakat mengkonsumsi daun dan buah sirsak untuk menyehatkan tubuh.
Continue reading
Posted in Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Sirsak dan Kanker

Semua bagian tubuh manusia memiliki potensi terserang kanker. Kecuali rambut dan kuku, seperti yang dikatakan dr. Willie Japaries MARS, seorang dokter ahli dalam penyakit kanker yang mendalami dunia pengobatan dengan cara tradisional. Pada pria paru-paru menjadi organ tubuh paling rawan terserang sedangkan pada wanita paling banyak menyerang pada payudara. Berdasarkan Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta. Pada tahun 2002 jumlah pria yang menderita penyakit kanker jumlah mencapai hingga 137 jiwa.
Pada pria umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok, polusi udara, dan lokasi kerja dekat dengan kawasan industri menjadi pemicu utama. Sementara perempuan yang terserang kanker payudara (mammae) tercatat berjumlah 532 pasien. Di Amerika Serikat sebuah fakta mengejutkan bahwa setiap tahun pengidap kanker payudara pada wanita bertambah 183.000 orang. Payudara wanita mudah terserang kanker disebabkan adanya susunan jaringan dan kelenjar lunak.

1 komentar:

  1. bagus banget artikelnya...ditunggu ya...artikel berikutnya?
    salam kenal dari:
    Jual Benih Sayuran impor

    BalasHapus