Rabu, 12 Desember 2012

Pengertian BROWSING


Internet menyediakan banyak sekali sumber-sumber yang dapat diakses dengan mudah, siapapun bisa mengakses sumber tersebut. Sumber tersebut terdiri dari ribuan informasi, berita terbaru, program-program komputer, game, lagu MP3, MP4, dan masih banyak lagi format sumber yang ada di internet.
Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Browser adalah program komputer yang berguna untuk membuka halaman-halaman Website. Sebagian besar isi internet dapat diakses melalui browser, selanjutnya program untuk mengakses ini disebut web browser. Contoh produknya adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, netscape dll. Namun yang paling banyak digunakan adalah Internet Explorer, yang merupakan browser yang sudah disediakan oleh Windows dan sudah terinstall secara otomatis ketika menginstall sistem operasi Windows.
Dalam mencari informasi suatu informasi kita memerlukan alamat website yang memuat informasi tersebut. Misal kita ingin membaca berita secara online kita bisa membuka www.detik.com namun bila kita tidak mengetahui alamatnya kita bisa menggunakan situs pencari (search engine) untuk mencari alamat website yang kita cari dengan memasukkan kata kuncinya. Beberapa search engine yang terkenal adalah www.google.com dan www.yahoo.com. Namun sebelumnya yang paling penting adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan browser secara benar sehingga akan tercipta suasana browsing yang lancar dan nyaman.
Dasar yang perlu dipahami adalah alamat suatu website. Sebenarnya alamat website misalnya ( www.detik.com) adalah sederetan angka yang disebut dengan internet protokol. Internet protokol atau IP merupakan kombinasi angka 32 bit yang unik, didunia ini tidak ada IP publik yang sama. Tentang alamat IP ini bisa dipelajari lebih dalam dengan membaca buku di perpustakaan. Pengertian mudahnya alamat yang berupa www.detik.com diterjemahkan oleh suatu mesin (yang disebut DNS server) menjadi alamat IP, sehingga alamat www.detik.com bisa diakses. Kenapa harus diterjemahkan? Karena computer tidak mampu mengenali alamat semacam itu, ia mengidentifikasi sesuatu dengan angka. ( ingat bahwa sistem komputer dibangun dari angka biner 1 dan 0 ).
Langkah – langkah melakukan Browsing
1. Double Click Pada Icon Mozila Firefox atau system operasi yang lain, diamkan
2. Ketikan alamat / situs yang mau dikunjungi pada kotak address
Jika belum mengetahui alamat URL atau Situsnyamaka dapat menggunakan mesin pencari misalnya google. Google adalah salah satu mesin pencari informasi dari puluhan mesin pencari informasi yang tersedia. Mesin pencari lainnya adalah yahoo, Amazon, Altalavista, searchindonesia dan lain sebagainya.
3. Masukan kata kuncinyaMasukan kata kuncinya
sumber :  http://techfully.blogspot.com/2011/03/pengertian-browsing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar